Beberapa Cara Cek BPOM Kosmetik Asli Atau Palsu Mudah

Imigrasilampung.co.id – Cara cek BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) adalah dengan mengecek nomor registrasi obat atau produk kecantikan pada kemasan produk tersebut atau melalui website resmi BPOM.

BPOM juga bertugas melakukan penilaian terhadap produk-produk tersebut sebelum diizinkan masuk ke pasaran Indonesia. Mungkin beberapa dari kamu ada yang belum mengerti penting nya nomor BPOM pada sebuah produk. Silahkan simak penjelasan secara detail berikutnya.

Begini Cara Mengecek Nomor Produk Izin Edar BPOM

Beberapa Cara Cek BPOM Terdaftar Atau Tidak Secara Resmi

BPOM merupakan lembaga yang independen dan merupakan bagian dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. BPOM memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kualitas dan keamanan produk yang beredar di Indonesia, khususnya produk yang berhubungan dengan kesehatan.

Untuk mengecek produk yang memiliki nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut :

  1. Kunjungi situs resmi BPOM di https://cekbpom.pom.go.id/.
  2. Klik tombol “Cek Produk BPOM” yang terdapat di halaman utama.
  3. Masukkan nomor izin edar produk yang ingin kamu cek. Nomor izin edar terdiri dari 6 digit angka yang tercantum pada kemasan produk.
  4. Klik tombol “Cek” untuk memproses permintaan kamu.

Jika produk tersebut memiliki izin edar dari BPOM, maka kamu akan melihat informasi tentang produk tersebut, termasuk nama produk, nama perusahaan pemegang izin edar, dan tanggal kadaluarsa.

Jika tidak, maka kamu akan melihat pesan yang menyatakan bahwa produk tersebut tidak terdaftar di BPOM.

Sebagai catatan, BPOM hanya memberikan izin edar untuk produk obat, makanan, dan kosmetik yang diproduksi di Indonesia atau di impor ke Indonesia. Jadi, jika produk yang kamu cek tidak termasuk dalam kategori tersebut, maka tidak akan terdaftar di BPOM.

Alasan Masyarakat Agar Harus Tahu Tentang Cara Cek BPOM

Beberapa Cara Cek BPOM Terdaftar Atau Tidak Secara Resmi

Ada beberapa alasan mengapa masyarakat harus tahu cara cek nomor izin edar BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) :

Memastikan keamanan produk: Dengan mengecek nomor izin edar BPOM, masyarakat bisa memastikan bahwa produk yang akan dikonsumsi atau digunakan aman dan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh BPOM.

Produk yang memiliki izin edar dari BPOM telah melalui uji keamanan dan kualitas yang ketat sebelum diizinkan untuk dijual di pasaran.

1. Menghindari Produk illegal

Selain itu, dengan mengecek nomor izin edar BPOM, masyarakat juga bisa menghindari produk ilegal yang tidak terdaftar di BPOM.

Produk ilegal ini tidak memiliki jaminan keamanan dan kualitas yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh BPOM, sehingga dapat merugikan kesehatan masyarakat yang mengonsumsi atau menggunakannya.

2. Memahami Kandungan Produk

Dengan mengecek nomor izin edar BPOM, masyarakat juga bisa memahami kandungan produk yang akan dikonsumsi atau digunakan.

Informasi tentang kandungan produk tercantum dalam izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM, sehingga masyarakat bisa memastikan bahwa produk yang akan dikonsumsi tidak mengandung bahan yang merugikan kesehatan.

3. Memahami Tanggal Kadaluarsa Produk

Selain itu, dengan mengecek nomor izin edar BPOM, masyarakat juga bisa memahami tanggal kadaluarsa produk yang akan dikonsumsi atau digunakan.

Informasi tentang tanggal kadaluarsa tercantum dalam izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM, sehingga masyarakat bisa memastikan bahwa produk yang akan dikonsumsi masih layak untuk dikonsumsi.

Barang Apa Saja yang Bisa Kamu Cek Pada BPOM

Beberapa Cara Cek BPOM Terdaftar Atau Tidak Secara Resmi

BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) adalah lembaga pemerintah yang bertugas mengawasi produk obat, makanan, dan kosmetik yang diproduksi di Indonesia atau diimpor ke Indonesia. Oleh karena itu, ada beberapa jenis barang yang bisa Anda cek nomor izin edar BPOM-nya, yaitu:

  •  Obat-obatan

Obat-obatan merupakan produk yang digunakan untuk mengobati atau mencegah penyakit atau gangguan kesehatan. Obat-obatan terbagi menjadi beberapa kelas berdasarkan tingkat keparahannya, seperti obat bebas, obat bebas terbatas, dan obat keras.

  •  Makanan

Makanan adalah produk yang digunakan sebagai sumber nutrisi bagi tubuh. Makanan terbagi menjadi beberapa kelas berdasarkan fungsinya, seperti makanan pangan umum, makanan pangan khusus, dan makanan pangan diet.

  •  Kosmetik

Kosmetik adalah produk yang digunakan untuk mempercantik, merawat, atau memperbaiki penampilan. Kosmetik terbagi menjadi beberapa kelas berdasarkan fungsinya, seperti kosmetik perawatan kulit, kosmetik perawatan rambut, dan kosmetik perawatan tubuh.

Jika produk tersebut terdaftar di BPOM, maka kamu akan melihat informasi tentang produk tersebut, termasuk nama produk, nama perusahaan pemegang izin edar, dan tanggal kadaluarsa.

Jika tidak, maka kamu akan melihat pesan yang menyatakan bahwa produk tersebut tidak terdaftar di BPOM. Kami juga menyiapkan informasi seputar penjelasannya di bawah ini. Silahkan simak informasi nya.

Begini Cara Cek Bpom Suatu Barang Dari Website Resmi www.pom.go.id kosmetik

Beberapa Cara Cek BPOM Terdaftar Atau Tidak Secara Resmi

Berikut adalah informasi seputar cara cek bpom melalui website resmi yang bisa kamu lihat langkah – langkah nya di bawah ini ya. Untuk melakukan cek BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dari website resmi, kamu dapat ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Kunjungi website resmi BPOM di https://www.pom.go.id/.
  2. Klik pada menu “Cek Produk BPOM” yang terletak di bagian atas halaman website.
  3. Pada halaman baru yang muncul, kamu akan dapat memasukkan nomor registrasi produk yang ingin dicari. Nomor registrasi ini terdiri dari kode negara, kode jenis produk, dan nomor seri. Contoh :  “NA1819.2.999.0000
  4. Setelah memasukkan nomor registrasi, klik tombol “Cari” untuk menampilkan hasil pencarian.
  5. Hasil pencarian akan menampilkan informasi tentang produk yang bersangkutan, termasuk nama produk, nama pabrik, dan tanggal kadaluarsa. Jika produk tersebut terdaftar di BPOM, maka akan terlihat tulisan “Terdaftar di BPOM“.
  6. Jika produk tersebut tidak terdaftar di BPOM, maka akan terlihat tulisan “Tidak Terdaftar di BPOM“.

Sebagai catatan, BPOM tidak menjamin keamanan dan mutu produk yang tidak terdaftar di BPOM. Sebaiknya hanya membeli produk yang telah terdaftar di BPOM untuk memastikan keamanan dan kualitas produk yang kamu gunakan.

Kami juga memberikan cara lain untuk mengecek BPOM melalui Scan Barcode yang sangat mudah untuk di lakukan. Simak langkah – langkah tutorial nya ya.

Cara Cek BPOM Lewat Scan Barcode

Beberapa Cara Cek BPOM Terdaftar Atau Tidak Secara Resmi

Untuk melakukan cek BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) melalui scan barcode, kamu dapat menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh BPOM, yaitu aplikasi “BPOM Scan”.

Aplikasi ini dapat diunduh gratis melalui Google Play Store atau App Store. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, kamu dapat ikuti langkah – langkah berikut untuk melakukan cek BPOM melalui scan barcode :

  1. Buka aplikasi “BPOM Scan” yang telah diunduh.
  2. Pada halaman utama aplikasi, klik tombol “Scan Barcode” yang terletak di bagian bawah layar.
  3. Arahkan kamera smartphone kamu ke barcode yang terdapat pada produk yang ingin kamu cek. Jika barcode terdeteksi dengan baik, maka informasi tentang produk tersebut akan muncul di layar.
  4. Informasi yang akan ditampilkan meliputi nama produk, nama pabrik, dan tanggal kadaluarsa. Jika produk tersebut terdaftar di BPOM, maka akan terlihat tulisan “Terdaftar di BPOM“. Jika produk tersebut tidak terdaftar di BPOM, maka akan terlihat tulisan “Tidak Terdaftar di BPOM”.

Sebagai catatan, untuk dapat menggunakan fitur scan barcode pada aplikasi “BPOM Scan”, kamu perlu memastikan bahwa kamera smartphone kamu telah terkalibrasi dengan baik.  

Jika kamera smartphone kamu tidak terkalibrasi dengan baik, maka dapat terjadi kesalahan dalam proses pembacaan barcode. Selain itu, pastikan juga bahwa barcode pada produk yang ingin kamu cek tidak terdapat kotoran atau kerusakan yang dapat mengganggu proses pembacaan barcode.

Sampai juga ke penghujung artikel semoga informasi tersebut dapat membantu kamu untuk mengetahui lebih lanjut pentingnya cek nomor bpom pada sebuah produk yang akan di konsumsi oleh masyarakat, keluarga dan sebagainya.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih sudah menjadi pembaca setia imigrasilampung.co.id. Dan jangan lupa untuk baca Artikel Lainnya di bawah ini ya.

Baca Juga:

Originally posted 2022-12-23 16:48:30.