Cara Daftar & Cek Bansos Kemensos BLT BBM dan PKH 2023

Imigrasilampung.co.id – Informasi mengenai cara cek Bansos Kemensos akan membantu kalian dalam mengetahui dana bantuan seperti apa yang berhak kalian terima.

Pasalnya ada empat jenis bantuan sosial yang diadakan oleh pemerintah seperti bantuan BPUM BRI untuk UMKM, dimana ke empat jenis bantuan tersebut diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat.

Kalian dapat memanfaatkan salah satu diantaranya, karena dana berupa uang yang bisa kalian dapatkan nanti tentu akan sangat bermanfaat. Terlebih lagi buat kalian yang memiliki penurunan pendapatan dalam bidang usaha mikro, tentu dengan adanya bantuan ini usaha kalian bisa bangkit kembali.

Tapi sebelum mengikuti sebuah program bantuan sosial, terdapat beberapa hal seperti syarat dan juga ketentuan yang perlu kalian pahami. Semua informasi mengenai hal tersebut sudah kami sajikan buat kalian, sehingga kalian hanya perlu menyimak review berikut ini.

Cara Mudah Untuk Daftar Bansos Kemensos

cara cek bansos

Sebelum melakukan proses pengecekan terhadap hasil yang kalian dapatkan, tentu kalian semua harus terdaftar sebagai calon penerima terlebih dahulu. Karena tidak mungkin kalian bisa mendapatkan bantuan, apabila informasi mengenai kalian pribadi belum terdaftar dalam catatan pemerintah pusat.

Untuk itu silahkan download aplikasi cek bansos untuk HP Android dan iPhone “Disini” lalu instal aplikasi tersebut.

Dalam proses pendaftaran ini, kalian perlu memperhatikan setiap langkah demi langkahnya dengan baik supaya identitas kalian terdaftar dengan sempurna. Dan dikarenakan jenis program bantuan sosial sekarang ini terdiri dari beberapa jenis, maka kalian berhak memilih jenis bantuan yang seperti apa.

Sebab jenis bantuan sosial apapun yang kalian terima, kami sangat yakin bahwa dana yang didapatkan nanti sangatlah bermanfaat. Nah, langsung saja kalian simak beberapa cara mendaftar Bansos Kemensos terbaru yang kami maksud tersebut, dalam sebuah tutorial berikut.

1. Cara Daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Program bantuan yang satu ini diberikan untuk mempermudah masyarakat dalam mencari bantuan sembako, dengan proses yang mudah dan juga cepat.

Untuk proses ketika ingin mendaftarkan diri ke dalam program ini cukuplah sederhana, dimana beberapa cara tersebut bisa kalian simak sebagai berikut.

  1. Pertama siapkan dokumen yang dibutuhkan seperti Kartu Keluarga (KK) dan juga kartu identitas seperti KTP.
  2. Datang ke kantor aparat desa, dan ikuti setiap proses pendaftaran DTKS Kemensos dengan benar.
  3. Apabila data sudah kalian isi dengan benar maka seluruh data tersebut akan diproses ke pemerintah kota sampai provinsi.
  4. Setelah proses selesai maka kalian akan diminta untuk menyerahkan Kode Unik yang berasal dari DTKS, KTP dan Kartu Keluarga (KK).
  5. Kemudian Bank akan membukakan rekening untuk mendaftar. Selain itu bank juga akan memberikan Kartu Keluarga Sejahtera.
  6. Selesai, kini kalian bisa mengunjungi Elektronik Warung Gotong Royong dengan membawa kartu KKS yang sudah kalian terima.

Apabila kalian berhasil dan sudah terdaftar dalam program ini maka kalian bisa mendapatkan kartu, dimana kartu tersebut berfungsi untuk menerima bantuan.

2. Cara Daftar Bantuan Sosial Tunai (BST)

BST menjadi salah satu program bantuan sosial yang dibuat oleh pemerintah, yang mana dalam program ini memiliki tujuan untuk membantu masyarakat sipil.

Kalian bisa memilih bantuan ini sekarang juga, dengan cara melakukan proses pendaftaran seperti yang tertera di bawah ini.

  1. Pertama kalian kunjungi rumah RT/RW setempat yang berada di wilayah kalian.
  2. Habis itu kalian serahkan beberapa Dokumen penting yang diminta oleh RT/RW tempat kalian mengajukan bantuan.
  3. Pahami beberapa syarat ketentuan yang nantinya disampaikan oleh RT/Rw tersebut.
  4. Habis itu maka semua data yang diserahkan akan di proses untuk melakukan tahapan Validasi.

Ketika proses pendaftaran sudah selesai dan data kalian sedang diproses, maka kalian hanya perlu menunggu prosesnya hingga diterima saja.

3. Cara Daftar Bansos Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu Bansos yang dibuat oleh pemerintah, demi mendapatkan keringan ekonomi buat mereka yang dikeluarkan dari sebuah perusahaan.

Sehingga pemerintah berharap agar program ini bisa tersebar secara luas di Indonesia, dan mampu diraih oleh mereka yang berhak mendapatkannya.

  1. Siapkan dokumen pribadi semacam KTP dan juga KK lalu berkunjung ke kantor kelurahan yang ada di desa kalian.
  2. Ikuti dan dengarkan konsultasi yang disampaikan oleh aparat desa.
  3. Kemudian aparat desa akan langsung menerima semua data yang dibutuhkan.
  4. Setelah data berhasil di Validasi, maka data akan dimasukan ke dalam Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS).
  5. Dan yang terakhir data akan dilanjutkan pada proses pengesahan yang dilakukan oleh pemerintah.

Program Bansos Kemensos yang satu ini sangat cocok sekali buat kalian yang sedang mencari pekerjaan, maupun kalian yang sudah dipecat dari perusahaan.

Begini Cara Cek Bansos Kemensos Secara Online

cara cek bansos 2022

Ketika semua proses pendaftaran sudah selesai kalian lakukan, maka kini kalian hanya tinggal menunggu hasil yang sudah ditetapkan.

Apabila kalian terdaftar sebagai calon penerima, maka informasi mengenai data yang kalian serahkan tadi bisa kalian lihat. Untuk melihat informasi tersebut, kalian bisa melakukannya secara online dengan memanfaatkan dua cara yang sudah ditentukan.

Masing-masing cara yang kami maksud ini bisa dilakukan secara online, jadi kalian hanya perlu menyiapkan handphone dan beberapa dokumen pendukung.

Umumnya cara cek Bansos Kemensos 2023 ini memiliki dua cara, yang mana cara tersebut antara lain adalah melalui website dan cara kedua melalui aplikasi. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan kalian simak tutorial di bawah ini, karena semua langkah-langkah dalam melakukan pengecekan sudah tertera di dalamnya.

1. Cara Cek BLT BBM 600 Ribu Terbaru 2023

Untuk mengetahui daftar penerima dana BLT BBM, kalian dapat mengecek melalui situs web resmi Kemensos. Adapun berikut ini panduan lengkapnya:

  • Buka situs https://cekbansos.kemensos.go.id/ melalui HP kalian.
  • Lalu masukkan data Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan tempat tinggal.
  • Masukkan nama penerima bantuan BLT BBM sesuai dengan identitas di KTP.
  • Selanjutnya ketik 8 huruf kode sesuai yang sudah tertera dalam kolom kode.
  • Apabila kode huruf kurang jelas, kalian dapat klik “refresh” untuk mendapatkan huruf kode yang baru
  • Kemudian, klik “cari data” di bawah pojok kanan.
  • Selanjutnya, situs website akan menampilkan nama penerima manfaat yang sesuai dengan wilayah atau daerah yang telah dimasukkan.

2. Cek Bantuan Sosial Via Website Bansos Kemensos Go Id

Cara yang pertama ini kalian bisa memanfaatkan website Bansos Kemensos co id, dimana untuk menelusurinya kalian bisa memanfaatkan browser di HP kalian.

Terdapat beberapa tahapan yang perlu kalian perhatikan, dan beberapa diantaranya itu bisa kalian simak dalam tutorial berikut ini.

  • Siapkan beberapa dokumen seperti KK dan juga KTP.
  • Habis itu kalian kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id melalui browser di perangkat kalian.
  • Berikutnya kalian pilih Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan yang terakhir masukan Nama Lengkap kalian.
  • Verifikasi Kode Captcha yang tertera.
  • Terakhir kalian klik tombol Cari Data untuk melihat apakah kalian terdaftar dalam Bansos Kemensos atau tidak.

Ketika ingin melakukan proses pengecekannya lagi maka kalian bisa melakukan cara yang sama, jadi ada baiknya jika kalian menghafalkan tutorial yang kami berikan.

3. Cek Bantuan Sosial Melalui Aplikasi Bansos Kemensos

Selain menggunakan layanan berbentuk website, pemerintah juga sudah mengembangkan layanan dalam bentuk aplikasi.

Sehingga cara cek Bansos Kemensos go id PKH yang ingin kalian lakukan bisa lebih mudah lagi, karena kalian hanya perlu mengunduh aplikasi dalam sekali.

  • Pertama kalian unduh atau download terlebih dahulu aplikasi Cek Bansos.
  • Berikutnya lakukan registrasi dengan menyiapkan KTP, foto KTP dan swafoto.
  • Masukan Kode OTP yang masuk ke dalam email kalian.
  • Apabila sudah berada di tampilan utama aplikasi, maka kalian bisa mengklik di bagian menu Cek Bansos.
  • Ketika kalian terdaftar dalam Bansos Kemensos, maka data diri penting akan langsung ditampilkan pada layar aplikasi kalian.

Kami sarankan kepada kalian untuk tidak menguninstal aplikasi tersebut, karena jika ingin mengecek nya ulang maka kalian bisa melakukan cara yang sama.

Syarat dan Ketentuan Ketika Ingin Mendaftar Bansos Kemensos

cara cek bansos kemensos

Sebuah program atau bantuan sosial yang dibuat oleh pemerintah ini, tentu memiliki tujuan khusus demi mensejahterakan perekonomian masyarakat di era pandemi. Jadi sampai disini kita dapat mengambil kesimpulan, bahwasannya tidak semua orang bisa mendapatkan dana dari program bantuan sosial.

Hanya ada beberapa kriteria masyarakat yang berhak mendapatkannya, sehingga sebelum mendaftar kalian berhak juga dalam memahami hal ini. Kriteria dari masyarakat ini juga bisa kita sebut sebagai syarat dan ketentuan, dimana sebelum mendaftar kalian harus memenuhi syarat tersebut.

Setidaknya ada beberapa syarat yang memang harus kalian pahami dan di cermati, sebab ini semua berjuang demi keadilan sosial. Untuk dapat memahaminya lebih lanjut kalian bisa menyimak syarat dan ketentuan tersebut, karena semuanya sudah kami sajikan dalam daftar berikut.

  1. Berteduh/tinggal sehari-hari.
  2. Status pekerjaan.
  3. Kekhawatiran pemenuhan kebutuhan pangan.
  4. Pengeluaran pangan lebih dari 70 persen total pengeluaran.
  5. Pengeluaran untuk pakaian.
  6. Lantai tempat tinggal terbuat dari tanah.
  7. Sebagian besar dinding terbuat dari bambu, kawat, atau kayu.
  8. Kepemilikan fasilitas buang air kecil atau besar masih kurang memadai
  9. Sumber penerangan dari listrik masih 450 watt atau bukan listrik.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai cara cek Bansos Kemensos, semoga datangnya artikel ini bisa memberikan manfaat buat kalian.

Baca Juga:

Originally posted 2022-10-12 08:36:56.